Saturday, November 19, 2011

Penemuan Planet terbaru












penemuan planet baru ini di yakini oleh para ilmuan pada tahun 1990, para ilmuan menemukan sejumlah planet diluar tata surya sana. Planet tersebut sangat beragam, mulai dari planet api, planet berbatu, planet yang berukuran raksasa, dan banyak lagi.
Berikut ini adalah 5 penemuan planet terbaru :


1. Sang kuda api
Planet 51 Pegasi b adalah planet yangditemukan pertama oleh para pemburu planet, planet tersebut ditemukan pada tahun 1990. Planet ini mirip seperti planet Jupiter namun bertemperatur panas, planet ini diberi julukan Bellerphon.

2. Planet Tanpa Bintang
Terdapat sejumlah exoplanet yang memiliki bintang atau matahari lebih dari satu, bahkan hingga memiliki tiga matahari. Lain halnya dengan Planemos. Planet ini hanya “mengambang” begitu saja tanpa mengitari bintang apa pun.

3. Si Gesit
Planet SWEEPS-10 hanya berjarak 740.000 mil dari bintangnya. Saking dekatnya, planet yang disebut ultra-short-period planets (USPPs) itu hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari untuk mengorbit. Satu tahun di sana sama dengan sepuluh jam di bumi. Wah wah engga kebayang yah ..

4. Cincin Raksasa
Planet yang mengorbit pada bintang Coku Tau 4 ini adalah exoplanet termuda yang berumur kurang dari satu juta tahun. Para astronom mendeteksi keberadaan planet ini dari lubang besar dari cincin planet tersebut. Lubang tersebut berukuran 10x lipat dari bumi. Waduhh besar amat yaaa ...

5. Kembaran Bumi
Gliese 581 C adalah exoplanet yang saat ini banyak menarik perhatian para ilmuan di seluruh dunia. Pasalnya, planet terkecil di luar sistem tata surya ini berada di “zona aman”. Artinya, planet ini terletak tidak terlalu jauh maupun terlalu dekat dengan bintangnya, sama seperti posisi bumi kita dengan matahari. Penemuan ini menaikkan probabilitas terdapat air atau bahkan kehidupan di sana. Planet ini 50 persen lebih besar dan lima kali lebih besar dari pada bumi. Sipp lah ..

Mungkinkah ada kehidupan lain di luar sana?.  


No comments:

Post a Comment